Pharmacy Festival Universitas Indonesia, sering disingkat PHARFEST UI, merupakan acara tahunan garapan Mahasiswa S1 Fakultas Farmasi Universitas Indonesia yang menyuguhkan berbagai acara, seperti seminar nasional, workshop kefarmasian dan kompetisi bagi praktisi, akademisi serta mahasiswa farmasi dan kesehatan di seluruh Indonesia. Tahun ini, PHARFEST UI mengambil tema “Actualizing Innovations as Initial Transformation of Future Pharmacists’ Role”. Melalui acara ini, diharapkan dapat mewadahi praktisi, akademisi, serta mahasiswa Farmasi maupun mahasiswa kesehatan lainnya dalam mengembangkan kualitas diri demi tercapainya kualitas hidup yang diharapkan. 

Rangkaian pre-event kami yang pertama yaitu Roadshow and Health Campaign, yang dilaksanakan pada Minggu, 3 November 2019, di Universitas Indonesia pada saat Car Free Day. Tim kami berkeliling menyusuri beberapa tempat di UI untuk memberikan kampanye kepada warga tentang kesehatan, yang dibagi menjadi beberapa topik, mencakup pola makan, gizi seimbang, olahraga, HIV/AIDS, dan sinar biru. Setelah dilakukan kampanye kesehatan, tim kami juga mengadakan kuis berupa permainan dengan menggunakan serangkaian board game yang telah kami buat. Hal ini dilakukan untuk mengecek apakah informasi yang disampaikan pada kampanye kesehatan sebelumnya sudah diterima dengan baik oleh warga. Warga antusias dan pada umumnya bisa menjawab pertanyaan dengan benar, yang menunjukkan bahwa informasi kampanye kesehatan sudah diterima dengan baik. Setelah itu, warga diberikan hadiah berupa makanan sebagai bentuk apresiasi kami. Selain itu, kami juga membagikan kupon GoApotik sebagai salah satu sponsor acara kami dan juga menjelaskan cara penggunaannya. Setelah itu dilakukan foto bersama antara tim kami dengan warga yang mengikuti kampanye kesehatan kami.

Rangkaian pre-event kami yang selanjutnya yaitu ZumbaFest, yang dilaksanakan satu minggu setelah acara Roadshow dan Health Campaign, yaitu pada Minggu, 10 November 2019. ZumbaFest merupakan acara kami yang bekerja sama dengan DOOGETHER. Acara ini dilaksanakan di LACA Studio, Cipete, dengan instruktur zumba yang sudah berpengalaman. Melalui kegiatan ini diharapkan masyarakat dapat meningkatkan pola hidup sehat yakni salah satunya dengan berolahraga dengan zumba. 

Setelah dilaksanakannya dua rangkaian acara pre-event, akhirnya tiba hari pelaksanaan acara utama Pharmacy Festival 2019. Main events PHARFEST dimulai pada Sabtu, 16 November 2019, dengan sambutan Ketua Pelaksana PHARFEST pada acara Seminar Nasional yang berlokasi di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan Universitas Indonesia. Seminar Nasional kali ini mengusung tema “Green Extraction: Implementation and Industry Prospect” dan diisi oleh empat narasumber yang ahli di bidangnya, yaitu ada Dr. Bambang Marwoto, Apt., M.Eng. selaku Kepala Program Kegiatan Inovasi Teknologi Bahan Baku Obat Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Barokah Sri Utami, M.M., Apt. selaku Direktur PT. Phapros, Tbk., Prof. Dr. Abdul Mun’im, M.Si., Apt. selaku dosen Fakultas Farmasi UI dan Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum, serta Stevanus Hiendrawan, M.Sc. selaku Section Head Advanced Technology Development Dexa Laboratories of Biomolecular Sciences (DLBS). Seminar Nasional dihadiri oleh 162 peserta yang merupakan mahasiswa dan non-mahasiswa yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Pada acara ini, terdapat sesi penyampaian materi dari setiap narasumber dan sesi tanya jawab, penyerahan plakat, dan foto bersama. Peserta yang mengikuti seminar dari awal sampai akhir diberikan sertifikat dengan memperoleh 4 SKP IAI dan 4 SKP PAFI serta pemberian buku MIMS secara gratis.

Selain Seminar Nasional, pada hari itu juga dilaksanakan Workshop Docking, dengan tema “Molecular Docking: A Structure-based Approach for Drug Repurposing”. Workshop Docking diisi dengan tiga pemateri hebat, yaitu Prof. Dr. Arry Yanuar, M.Si., Apt., Rezi Riadhi Syahdi, M.Farm., dan Widya Dwi Aryati, M.Si., Apt. Berbeda dengan Seminar Nasional, Workshop Docking dilaksanakan selama dua hari, yaitu pada hari Sabtu, 16 November 2019 dan Minggu, 17 November 2019. Workshop docking diikuti oleh 27 partisipan yang berasal dari kalangan mahasiswa hingga praktisi. Peserta yang mengikuti workshop diberikan sertifikat dan memperoleh 7 SKP IAI. 

Pada hari Sabtu, 16 November 2019 dan Minggu, 17 November 2019, juga dilaksanakan berbagai macam lomba. Lomba-lomba tersebut mencakup lomba debat, Karya Tulis Ilmiah (KTI), Pharmacy Quiz Competition (PharQC), dan Patient Counseling Competition (PCC). Lomba-lomba tersebut diadakan di Gedung Rumpun Ilmu Kesehatan dan Fakultas Farmasi Universitas Indonesia. Adapun dua lomba lainnya yang diadakan, yaitu lomba esai dan lomba poster, dimana peserta hanya perlu mengumpulkan karya mereka secara daring tanpa diwajibkan datang ke lokasi PHARFEST. Peserta lomba PHARFEST berasal dari berbagai universitas dan institusi di Indonesia. 

Terima kasih banyak kepada semua pihak yang turut berpartisipasi dalam menyukseskan acara Pharmacy Festival 2019! Kami segenap panitia undur diri dan memohon maaf apabila terdapat kekurangan. Kami juga mengucapkan selamat kepada para pemenang lomba Pharmacy Festival tahun ini dan bagi peserta yang belum berhasil menang, jangan berkecil hati dan tetap semangat! 

Categories:

Tags:

No responses yet

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[instagram-feed id=”17841401950347701″]